Media pembelajaran secara umum adalah alat bantu proses
belajar mengajar. Segala sesuatu yang dapat dipergunakan untuk merangsang
pikiran, perasaan, perhatian dan kemampuan atau ketrampilan pebelajar sehingga dapat mendorong terjadinya proses
belajar. Batasan ini cukup luas dan mendalam mencakup pengertian sumber,
lingkungan, manusia dan metode yang dimanfaatkan untuk tujuan pembelajaran.
Menurut Briggs (1977) media pembelajaran adalah
sarana fizik untuk menyampaikan isi kandungan pembelajaran seperti : buku, filem,
video dan sebagainya. Kemudian menurut National Education Associaton(1969)
mengungkapkan bahawa media pembelajaran adalah sarana komunikasi dalam bentuk
cetak maupun pandang-dengar, termasuk teknologi komputer.
Status media pembelajaran. Oleh karena proses pembelajaran
merupakan proses komunikasi dan berlangsung dalam suatu sistem, maka media
pembelajaran sangat penting sebagai salah satu komponen sistem pembelajaran.
Tanpa media, komunikasi tidak akan terjadi dan proses pembelajaran sebagai
proses komunikasi juga tidak akan bisa berlangsung secara optimal. Media
pembelajaran adalah komponen integral dari sistem pembelajaran
Dari pendapat di atas disimpulkan bahawa media pembelajaran
adalah segala sesuatu yang dapat menyalurkan pesan, dapat merangsang fikiran,
perasaan, dan kehendak murid sehingga dapat mendorong terciptanya proses belajar
pada diri murid.
Menurut Edgar Dale, dalam dunia pendidikan, penggunaan media
pembelajaran seringkali menggunakan prinsip Kon Pengalaman, yang
menggunakan media seperti buku teks, bahan belajar yang dihasilkan oleh guru
dan audio visual.
Contoh Media
Pembelajaran
Terdapat beberapa jenis media pembelajaran, diantaranya :
Media Visual : grafik, diagram, chart, bagan, poster,
kartun, komik
Media Audial : radio, tape recorder, laboratorium bahasa,
dan sebaginya
Projected still media : slide; over head projektor (OHP), in
focus dan sebaginya
Projected motion media : film, televisi, video (VCD, DVD,
VTR), komputer dan sebaginya
Tujuan menggunakan media pembelajaran :
- mempermudah proses belajar-mengajar
- meningkatkan efisiensi belajar-mengajar
- menjaga relevansi dengan tujuan belajar
- membantu konsentrasi murid
- Menurut Gagne : Komponen sumber belajar yang dapat merangsang murid untuk belajar
- Menurut Briggs : Wahana fisik yang mengandung isi kandungan pelajaran
- Menurut Schramm : Teknologi sebagai medium maklumat atau perantaran dalam pembelajaran
No comments:
Post a Comment